PEMBAGIAN RASTRA TAHUN 2018

PURBALINGGA INFO – Program Beras Sejahtera (Rastra) untuk keluarga miskin dijadwalkan tanggal 24 Januari akan dibagikan. Pembagian Rastra di Kabupaten Purbalingga telah dijadwalkan per-kecamatan, dalam satu hari ada 2 sampai 3 kecamatan mendapatkan jatah pembagian. Distribusi rastra dari Bulog sampai di tingkat desa, kemudian dari desa didistribusikan lagi sampai ke titik-titik bagi.
Kepala Dinas  Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP), Sediyono mengatakan jumlah penerima Rastra tahun 2018 sebanyak 88.349 keluarga penerimaan manfaat (KPM). Pembagian Rastra kalau tahun lalu sebanyak 15 kilogram dan dikenakan biaya Rp 24 ribu per KPM, pada tahun 2018 per KPM akan mendapatkan jatah rastra sebanyak 10 kilogram dan dibagikan secara gratis atau tidak dipungut biaya sepeserpun.
“Mulai bulan Juni-Desember, Rastra tidak akan dibagikan lagi dalam bentuk beras, namun dalam bentuk Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). BPNT akan dilaksanakan secara bertahap, dengan nominal bantuan sebesar Rp 110 ribu,” katanya saat ditemui di ruang kerjanya, Senin, (22/1).
Pemberian BPNT berdasarkan by name by address, dalam bentuk kartu keluarga sejahtera (KKS) yang telah terhubung dengan e-wallet. Kartu tersebut bisa digunakan hanya untuk membeli beras dan telur, dengan tujuan beras dan telur terkait dengan pemenuhan gizi pada umumnya.
” Masyarakat bisa membeli beras dan telur di agen penjualan bahan pangan yang telah bekerja sama dengan bank penyalur (e-warung). Dengan membeli langsung dari agen penyalur bahan pangan KPM bisa memilih kualitas beras dari medium, premium dan super sarta ditambah telur. Semoga pembagian Rastra bisa tepat sasaran dan bermanfaat bagi masyarakat,”katanya.
Terpisah Kabid perdagangan pada Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Johan Arifin mengatakan dengan disalurkan Program Rastra diharapkan bisa segera mengatasi lonjakan harga beras yang sudah diangka Rp 13 ribu perkilogram dari harga eceran tertinggi sebesar Rp.9,5 ribu perkilogram. Operasi pasar yang telah  dilakukan belum optimal menurunkan harga beras sesuai dengan HET yang ada.
“Kita berharap dengan pembagian Rastra diharapkan dapat membantu pemenuhan kebutuhan beras di masyarakat,” katanya (PI-2)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.